JA Teline V - шаблон joomla Форекс

Ketua PTA Gorontalo Lantik Busri Harun Sebagai Wakil Ketua PTA Gorontalo dalam Sidang Luar Biasa

Berita
Typography

Sidang Luar Biasa Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Busri Harun, SH, M.Ag dilangsungkan tepat pukul 10.00 Wita di aula PTA Gorontalo. Sidang dipimpin oleh Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh Munawar dan didampingi oleh dua orang hakim anggota yaitu Hakim Tinggi PTA Gorontalo Drs. H. M. Abd. Rohim, SH, MH dan Drs. H. Mahjudi, M.HI. Panitera PTA Gorontalo Sujarwo, SH bertindak sebagai Panitera Pengganti, sementara Wakil Penitera Drs. Muhammad Nur, MH. menjadi Rohaniwan.

lantikwaka170717 15
Gbr. Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh. Munawar membacakan kata-kata pelantikan

Ketua PTA Gorontalo melantik Busri Harun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PTA Kupang menjadi Wakil Ketua PTA Gorontalo yang ditandai dengan berkumandangnya Lagu Nasional Padamu Negeri. Sidang Luar Biasa ini dihadiri oleh seluruh warga PTA Gorontalo dan para undangan diantaranya Pimpinan Pengadilan Agama se-wilayah PTA Gorontalo, Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo, Ketua PTA Kupang, Ketua IKAHI Daerah Gorontalo, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo dan Hakim Tinggi PTA Kupang.

lantikwaka170717 14
Gbr. Perkenalan Wakil Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Busri Harun, SH, M.Ag.

Setelah dilantik Busri memperkenalkan diri didampingi sang isteri. Beliau menceritakan perjalanan karir dan keluarganya secara singkat. Pria kelahiran Lampung ini mengawali karirnya di Pengadilan Agama pada Tahun 1981. Asam garam di dunia peradilan agama telah dilaluinya. Busri pernah menjabat sebagai Panitera Pengganti, Panitera Muda, Wakil Ketua dan Ketua di PA Maninjau. Kemudian beliau memperoleh promosi sebagai Wakil Ketua PA Padang Kelas Ia selama 6 tahun. Beliau kemudian melanjutkan karirnya di PA Tanjungkarang sebagai Ketua selama 2 Tahun. Kemudian beliau menjadi Hakim Tinggi di PTA Tanjungkarang selama 5 Tahun. Beliaupun pernah berkarir sebagai hakim tinggi di PTA Jakarta. Terakhir sebelum memulai karirnya di Gorontalo, Busri menjabat sebagai Wakil Ketua PTA Kupang selama 1 Tahun 3 bulan.

Diakhir perkenalannya Busri meminta bantuan dan kerjasama kepada seluruh warga peradilan agama serta bimbingan dari Ketua PTA Gorontalo untuk mendukung pelaksanaan tugasnya sebagai Wakil Ketua di PTA Gorontalo.

lantikwaka170717 5
Gbr. Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh. Munawar menyampaikan kata sambutan

Selanjutnya dihadapan seluruh warga PTA Gorontalo dan para undangan, Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh. Munawar memberikan sambutan. Mengawali sambutannya, Ketua PTA Gorontalo menyampaikan bahwa pelantikan ini harus disyukuri dalam arti memperteguh tekad dan kemauan untuk melaksanakan tugas dan amanat dengan sebaik-baiknya sebagaimana dirumuskan oleh para alim ulama yakni : “ Menggunakan nikmat sesuai dengan kehendak Sang Pemberi nikmat secara maksimal”.

Beliau sudah mengenal Busri sejak lama karna sama-sama pernah bertugas di Jakarta dan sangat yakin Busri akan cocok dan kerasan tinggal di Gorontalo. Karena Gorontalo sangat mirip dengan Padang yang merupakan daerah asalnya, kemiripannya adalah slogan yang sama dengan masyarakat Minangkabau yaitu “Adat bersendikan Syara’ dan Syara’ bersendikan Kitabullah”.

Terkait dengan tugas pengadilan, Ketua PTA Gorontalo mengingatkan kepada seluruh warga Pengadilan Agama untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Sebab kita didunia peradilan ini banyak fitnahnya, hal itu disebabkan kita mengadili para pihak yang berlawanan, ada yang kalah dan ada yang menang, yang menang akan memuji kita, tapi yang kalah tak jarang marah, curiga bahkan sampai memfitnah”, tegas Munawar.

“Obat yang mujarab untuk membentengi diri adalah sikap kita yang harus adil bahkan terhadap diri sendiri”, lanjutnya.

Ketua PTA Gorontalo mengajak seluruh aparat peradilan untuk berperilaku adil. Contoh keadilan yang diterapkan oleh Rasulullah SAW, maupun sikap adil dan tegas yang dilakukan Umar bin Khatab saat mengadili anaknya sendiri perlu menjadi inspirasi dan jika perilaku mulia ini sudah menjiwai warga peradilan, maka akan tumbuh kepercayaan masyarakat terhadap dunia peradilan.

“Jika kepercayaan ini telah meluas, maka insya Allah masyarakat akan dapat hidup dalam kedamaian, bahkan yang terpaksa harus berperkarapun tidak banyak lagi yang akan mengajukan banding atau kasasi sebab telah percaya dengan keadilan yang diterapkan oleh Pengadilan Tingkat Pertama.”, ungkap Munawar mengakhiri sambutannya.

lantikwaka170717 4
Gbr. Foto Bersama Majelis Hakim setelah Sidang Luar Biasa ditutup

Dengan dilantiknya Wakil Ketua PTA Gorontalo kini seluruh jabatan struktural telah terisi dan dengan demikian maka diharapkan PTA Gorontalo sebagai kawal depan Mahkamah Agung dapat meningkatkan kinerjanya dengan lebih baik lagi. (Humas PTA Gorontalo).