Dinilai Tim Evaluasi PMPZI, PTA Gorontalo semakin dekat ke WBK

Gorontalo, 19 Maret 2020


Gbr. Presentasi pembangunan ZI oleh Koordinator Area

Tim Evaluasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) menyambangi PTA Gorontalo. Tim Evaluasi PMPZI beranggotakan empat orang dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Muh. Abduh Sulaeman (Plt. Inspektur Wilayah I) dan didampingi oleh Endang Lestari (Hakim Yustisial), Mochtar Luthfi (Kasubag Tata Usaha Inspektur Wilayah IV) dan Nurdiansyah (Auditor). Tujuan kedatangan tim adalah untuk melakukan evaluasi PMPZI menuju WBK dan WBBM pada PTA Gorontalo. Evaluasi dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 17 Maret dan 19 Maret 2020.


Gbr. Penyampaian hasil evaluasi PMPZI oleh Ketua Tim Muh. Abduh Sulaeman

Setelah menilai seluruh eviden, Ketua Tim Evaluasi menyampaikan bahwa hasil evaluasi PMPZI di PTA Gorontalo secara umum sangat memuaskan. Aspek yang dievaluasi ada 3 yaitu keterpenuhan , kualitas dan implementasi.

Dari aspek keterpenuhan PTA Gorontalo sudah sangat baik, namun dari aspek kualitas PTA Gorontalo masih perlu melakukan perbaikan-perbaikan terhadap ketidaksesuaian sejak perencanaan hingga saat pelaksanaan setiap program/kegiatan. Tindak lanjut perbaikan juga harus didukung oleh bukti dokumen.

Selanjutnya dalam implementasi harus konsisten dengan seluruh dokumen yang ada karena konsistensinya sangat berpengaruh terhadap hasil dan yang menilai hasil adalah eksternal yaitu dari Tim Penilai Nasional (TPN) dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian PAN RB.

Untuk keberhasilan ZI di PTA Gorontalo, seluruh aparat PTA harus memperkuat aspek kualitas dan implementasi.
Hasil evaluasi PMPZI ini akan dibahas dalam pleno dan Ketua Tim Evaluasi yakin PTA Gorontalo bisa melangkah ke tahap selanjutnya.


Gbr. Foto bersama Tim Evaluasi PMPZI

Wakil Ketua PTA Gorontalo yang juga Ketua Tim Pembangunan ZI PTA Gorontalo Dr.H. M. Sutomo, S.H., M.H. menyambut hasil evaluasi dengan baik. Beliau optimis PTA Gorontalo bisa melangkah ketahapan evaluasi TPN oleh karenanya seluruh aparat PTA Gorontalo diminta untuk mengambil langkah-langkah sebagaimana petunjuk yang disampaikan oleh Tim Evaluasi PMPZI. (Humas)