Ketua PTA Gorontalo lantik Ketua PA Suwawa dan Wakil Ketua PA Kwandang Dalam Sidang Istimewa

Jum’at, 26 Oktober 2018 (17 Shafar 1440 H)

lantikkpasww261018 1

Foto : Prosesi pelantikan Ketua Pengadilan Agama Suwawa dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kwandang

Tepat pukul 09.00 Wita, bertempat di Aula PTA Gorontalo telah dilangsungkan Sidang Istimewa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Ketua PA Suwawa dan Wakil Ketua PA Kwandang. Sidang Istimewa dilaksanakan oleh Majelis Hakim yang dipimpin oleh Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh. Munawar, Anggota Majelis Drs. H. Mahjudi, M.HI. dan Dr. Hj. A. Muliany Hasyim, SH, MH, M.Si beserta Panitera Sujarwo, SH.

Moh. Munawar melantik pimpinan pada dua pengadilan agama yang baru terbentuk. Pejabat yang dilantik adalah H. Hasan Zakaria, S.Ag. SH yang sebelumnya menjabat Ketua PA Nabire Kelas II dilantik menjadi Ketua PA Suwawa Kelas II, sedangkan yang dilantik menjadi Wakil Ketua PA Kwandang Kelas II adalah Warhan Latief, S.Ag, MH yang sebelumnya menjabat sebagai Hakim pada PA Kalianda Kelas IB.

Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2016 dan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2016 tentang pembentukan pengadilan baru se-Indonesia yang peresmiannya dipusatkan di Melonguane Kabupaten Talaud Sulawesi Utara, khusus Provinsi Gorontalo dibentuk tiga pengadilan baru yaitu Pengadilan Agama Suwawa untuk daerah Kabupaten Bone Bolango, Pengadilan Agama Kwandang untuk daerah Kabupaten Gorontalo Utara dan Pengadilan Tata Usaha Negara untuk daerah se-Provinsi Gorontalo.

lantikkpasww261018 2lantikkpasww261018 3

Foto : Serah Terima Wilayah Yurisdiksi dari PA Gorontalo ke PA Suwawa dan PA Limboto ke PA Kwandang

Setelah dilantik para pejabat baru menerima pelimpahan wilayah yurisdiksi dari pengadilan agama asal (Pengadilan Agama Gorontalo dan Limboto). Ketua PA Gorontalo menyerahkan wilayah yurisdiksi Kabupaten Bone Bolango kepada Ketua PA Suwawa, sementara Ketua PA Limboto menyerahkan wilayah yurisdiksi Kabupaten Gorontalo Utara kepada Wakil Ketua PA Kwandang.

Dalam sambutannya Ketua PTA Gorontalo Drs. H. Moh. Munawar antara lain menyampaikan bahwa kita sebagai aparatur negara harus siap ditugaskan dimana saja untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Yakinlah Allah senantiasa akan memberikan bimbingan dan pertolongan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Beliau pun mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik sebagai pimpinan harus siap menerima limpahan perkara dari pengadilan asal. Diperkirakan untuk yang akan datang separuh perkara yang selama ini ditangani oleh pengadilan asal akan pindah ke pengadilan baru. Munawar Juga menegaskan bahwa segala keterbatasan sarana dan prasarana tidak menjadi alasan untuk tidak melayani masyarakat pencari keadilan dengan sebaik-baiknya.

Setelah pelantikan ini, PA Suwawa dan PA Kwandang akan mulai beroperasi diwilayah hukumnya masing-masing dan akan menempati kantor sementara. PA Suwawa beralamat di Jaksa Agung Suprapto Desa Ulanta Kec. Suwawa sedangkan PA Kwandang beralamat di Jl. Trans Sulawesi Desa Titidu Kec. Kwandang.

lantikkpasww261018 4

Foto dari kiri : Perwakilan Bupati Gorontalo Utara, Perwakilan Bupati Bone Bolango, Wakil Ketua PTA Gorontalo, Wakil Ketua PA Kwandang, Ketua PTA Gorontalo, Ketua PA Suwawa, Wakil Kepala Kejati Gorontalo, Hakim Tinggi PT Gorontalo

Sidang Istimewa berlangsung tertib dan khidmat. Acara ini dihadiri oleh para undangan diantaranya perwakilan dari Pengadilan Tinggi Gorontalo, Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Pemda Bone Bolango dan Pemda Gorontalo Utara. (Rohim K. Harjo)