Sudah Cerdaskah Anda Dalam Memanajemen Waktu
SUDAH CERDASKAH ANDA DALAM MEMANAJEMEN WAKTU
Dra. Hj, Niswaty Puluhulawa.S.H
Sekretaris Pengadilan Agama Limboto
Istilah dalam kalimat “ time is money “ waktu adalah uang. Kalimat itu begitu popular yang menggambarkan betapa sangat berharganya waktu . Dan bagi yang memahami betapa berartinya waktu maka orang itu tidak akan menyia-nyiakan waktunya walau sedetik, sebab hampir sebagian besar orang sukses karena bisa memanfaatkan dan menghargai waktu dengan sebaik-baiknya.
Waktu adalah hal yang paling berharga dalam hidup dan kehidupan kita, khususnya bagi ASN dalam menjalankan tugas kesehariannya. Meski begitu panjang atau pendeknya sebuah waktu bukan pijakan seseorang untuk berhasil dalam hidupnya, melainkan seberapa cerdas kita memanfaatkan waktu yang kita miliki, sebab waktu adalah salah satu nikmat pokok, dan tanpa waktu semua yang kita miliki tidak akan berarti. Terkadang kita bingung bagaimana mengatur waktu kerja agar bisa produktif, efektif dan efisien. Dalam hal ini kita dapat membuat rencana kerja, membuat skala prioritas , menentukan batas waktu untuk setiap pekerjaan dan membagi tugas besar dalam beberapa tahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Bagi sebagian orang waktu adalah uang, sebagian lainnya waktu adalah makna bahkan sebagian lagi waktu adalah berfoya-foya atau berleha-leha. Tidak semua orang mengerti dan memahami akan pentingnya dalam menggunakan dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin bahkan terkadang lalai dalam memahami konsep waktu yang sangat bernilai dan berharga, sehingga dalam menerapkan time management atau manajemen waktu selalu tidak akan tepat.
Waktu jika tidak diisi dengan aktifitas yang positif dan produktif maka waktu akan berlalu sia-sia, sebab waktu hanya akan datang sekali , tidak bisa terulang dan tidak bisa pula dimajukan. Manejemen waktu yang baik memungkinkan anda mencapai hasil yang lebih besar, karena waktu yang dikelola secara efektif dan efisien akan menjadikan orang lebih disiplin waktu, bertanggung jawab dengan sungguh-sungguh dan memahami betapa pentingnya waktu dalam kehidupan kita. Seseorang harus memahami nilai waktu baginya untuk berhasil dalam aspek kehidupan dan pekerjaan.
Didalam dunia kerja pada satu instansi / organisasi sangat menuntut kita sebagai pegawai agar mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat bahkan dituntut kecepatan dan ketepatan waktu. Maka time management atau manajemen waktu bagi pegawai ini sangatlah penting, karena manajemen waktu yang baik bagi pegawai tentunya akan meningkatkan produktivitas bekerja. Pegawai itu adalah manusia biasa yang terkadang bisa mengalami stress tertentu saat mendapatkan tekanan dalam bentuk pekerjaan yang banyak yang menuntut cepat selesai. Maka dari itu berusaha sebisa mungkin pekerjaan yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang efektif dan efisien, tanpa membuat pegawai itu tertekan dalam pekerjaan dan pegawai tersebut menikmati pekerjaannya dengan enjoy dan dengan rasa syukur.
Lalu, sudah cerdaskah anda dalam memanejemen waktu..?
Pertanyaan diatas tergantung pada situasi dan kondisi serta bagaimana kita menyikapi waktu tersebut karena waktu akan terasa lambat bagi mereka yang tersiksa, waktu akan terasa lama bagi mereka yang menanti atau menunggu, waktu akan terasa panjang bagi mereka yang gelisah, waktu akan terasa cepat bagi mereka yang bahagia dan waktu adalah keabadian bagi orang yang bersyukur.
Begitu pentingnya waktu sehingga jika kita tidak menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya maka kita akan kehilangan kesempatan. Pengelolaan waktu dengan baik dapat membantu kita dalam meningkatkan kinerja. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah sesuatu yang sangat diharapkan dari semua pegawai yang hanya dapat dicapai jika waktu dapat dikelola secara efektif dan efisien.
Bisa saja kesuksesan ditentukan oleh seberapa baiknya kamu memanfaatkan waktu, sebab waktu bisa membuatmu lebih tertata dalam menjalani rutinitas. Disiplin dalam mengelola waktu akan membuatmu menjadi pribadi yang yang tepat dan tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Ketika kita menyia-nyiakan waktu sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan hal yang baik dalam hidup. Terkadang kita lupa mengefektikan waktu, dan membuat urutan prioritas dan jadwal kerja atau kegiatan agar supaya pekerjaan yang urgen akan segera dilaksanakan tanpa mengabaikan pekerjaan selanjutnya. Seringkali kita melupakan control waktu sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan sampai berlarut-larut karena akibat dari tidak menghargai waktu yang ada. Kerja dengan waktu yang singkat dan terburu-buru bukan cara yang sukses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kecenderungan seseorang dalam menunda pekerjaan akan berakibat pada menumpuknya pekerjaan yang tentunya hasil dari pekerjaan itu tidak akan maksimal dan berhasil dengan baik.
Memanfaatkan waktu dengan baik adalah cara sederhana menuju sukses, sebab orang sukses selalu mengisi waktu yang kosong dengan kegiatan yang bermanfaat, menggunakan satu waktu untuk banyak kegiatan,dan membagi waktunya dalam berbagai kegiatan serta tidak menunda-nunda pekerjaan, menentukan skala prioritas, membuat estimasi waktu bekerja dan disiplin dalam memanejemen waktu.
Pengelolaan waktu yang baik dapat meningkatkan kinerja, manejemen waktu yang baik dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan memberi anda ruang waktu untuk menjadi kreatif serta proaktif dalam tugas-tugas anda. Memiliki ketrampilan manajemen waktu yang kuat akan dapat mengarahkan anda kepada pencapaian tujuan utama dalam organisasi.
Orang bijak mengatakan: “ If you spend too much time thinking about a thing, you’ll never get it done “ jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan sesuatu hal, kamu tidak akan pernah menyelesaikannya.
Rasulullah Muhammad SAW seringkali memperingatkan umatnya tentang waktu diantaranya yaitu : Jangan tertipu dengan waktu luang. Dua nikmat yang banyak manusia tertipu yaitu nikmat sehat dan waktu luang.
Seorang filosofi mengatakan bahwa, sebagian besar seseorang menginginkan kebahagiaan disetiap waktunya.tapi kenyataan orang-orang saat ini tidak merasa cukup. Ada banyak hal didunia ini yang menjadi point dalam revolusi kehidupan. Salah satunya adalah waktu. Waktu adalah separuh bagian kehidupan, karena waktu adalah sebagai penentu arah mindset untuk membangun dasar nilai dan tujuan hidup yang sebenarnya.
Maka mulai sekarang jangan buang waktu ,tenaga dan pikiran untuk hal yang sia-sia, berfokuslah pada hal yang menjadikan dirimu bernilai, jangan selalu katakan masih ada waktu atau nanti saja, sebab mengatakan saya tidak punya waktu sama halnya anda mengatakan saya tidak ingin melakukannya. Maka dari itu lakukan segera dan gunakan waktumu sebaik mungkin , serta jangan menunggu waktu yang tepat karena itu bukanlah hal yang utama untuk menghargai waktu yang kita punya, sebab waktu tak kan bisa kembali dan terulang lagi. Memang hidup bukan diatur oleh waktu, melainkan kitalah yang harus disipilin dalam memahami dan membagi waktu. Memahami nilai waktu sama dengan memahami esensi kehidupan. Satu-satunya dalam kehidupan yang menjadi milik kita sepenuhnya adalah waktu, bahkan seseorang yang tidak memiliki apapun pasti memiliki waktu.
Begitu berharganya waktu maka gunakan waktu sebaik mungkin, jangan lewatkan kesempatan yang ada, marilah kita dengan cerdas memanejemen waktu dan bijak dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.